Makam Raden Muhammad Atief Cilenggang Serpong

August 31, 2018

Makam Raden Muhammad Atief (Tubagus Atief) terletak di Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan. Beliau merupakan salah satu penyebar agama Islam di daerah Tangerang dan makamnya kini di keramatkan oleh penduduk lokal. Hanya saja, menurut informasi, generasi terkini sudah lupa sejarah perjuangan Tubagus Atief dalam menyebarkan agama Islam.

Selain menyebarkan Islam, Tubagus Atief juga ikut melawan kolonial bersama rakyat Tangerang dengan menjadi panglima perang Kerajaan Banten pimpinan Sultan Agen Tirtayasa.

Lokasi makam terletak dipinggir jalan raya, dan makam tersebut seperti bukit kecil. Menurut cerita, Tubagus Atief memberikan wasiat agar dimakamkan di Cilenggang, yang ketika itu tanahnya datar. Namun, semakin lama tanah tersebut semakin meninggi dan membentuk sebuah bukit kecil. Walhasil, muncullah nama gunung puyuh yang dikenal sebagai tempat makam Keramat Tajug.

Bangunan tua tetap meliputi lokasi makam, yang dikelilingi oleh makam-makam lainnya. Tempat berwudhu agak turun ke bawah. Dan makam Tubagus Atief dibuatkan satu kamar sekira 2x3 meter. Suasanya sunyi ketika penulis datang. Hanya beberapa orang yang terlihat bersantai untuk menanti ashar, mungkin sudah berziarah.

Menurut rencananya makam tersebut akan digusur, meski ahli waris menentangnya. Karena disekitar makam sudah terbangun apartemen mewah dan sejumlah perkantoran. Makam tersebut masih asri ditumbuhi pohon bambu dan pohon-pohon rindang yang membuat peziarah tidak lelah ketika berjalan sedikit mendaki bukit.

Jika ingin menuju ke lokasi makam, kita harus berpatokan di Pasar Serpong atau Stasiun Kereta Serpong. Dari sana, kita bisa lanjut naik angkutan umum ke arah Dinas Kependudukan dan Sipil Kota Tangerang dan turun dipertigaan Cilenggang.

First
0 Komentar